30 Januari, 2020

Laman Situs Web baru!

Sebenarnya saya sendiri tidak yakin apakah judulnya sudah tepat atau tidak. Yang jelas mumpung masih suasana tahun baru, kurasa waktu yang tepat untuk merilis laman baru hehe.

Saya sudah pernah menuliskan sebelumnya tentang rencana ini, dan tidak kusangka dalam waktu singkat saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan teknologi yang bagi saya sendiri masih baru mencobanya. Sebelum saya menjelaskan perubahan apa saja yang terjadi pada laman baru ini, izinkan saya (dengan nada bang Rhoma) menjelaskan motivasi terbentuknya laman baru ini.

1. Google. Lebih tepatnya karena Search Engine Optimization

Jika kamu menginginkan membuat sebuah situs web pribadi atau dikelola oleh kamu sendiri, apasih alasannya? Pastilah karena ada sesuatu dari dirimu yang ingin diketahui oleh orang lain. Nah agar situs web kamu lebih cepat diketahui oleh orang banyak tanpa perlu repot – repot mempromosikannya secara manual lebih baik memanfaatkan Google kan? Tentu untuk melakukannya, situs web kamu harus memiliki Search Engine Optimization (SEO) yang baik.

Ya, saya pribadi ingin tulisan – tulisanku bisa bermanfaat bagi orang lain, berbagi cerita, mengenal orang banyak, dan terakhir tentu saja promosi bisnisku hehe. Kurasa sebagian besar alasan terakhir menjadi alasan utama mengapa orang – orang terus mengoptimalkan SEO pada situs web mereka.

Bagaimana membuat situs web dengan SEO yang baik? Sayangnya tidak semua orang mengetahuinya karena hal ini sudah masuk dalam ranah teknis. Namun itu tidak menjadi penghalang karena siapa saja bisa mempelajarinya. Jika kamu tidak mau repot mempelajari dari awal tentang SEO ini dan ingin mengoptimalkan SEO pada situs web kamu, silahkan menghubungi saya. Dengan senang hati saya akan membantu kamu!

2. Promosi

Dengan meningkatnya performa SEO pada situs web yang kita miliki, tentu melakukan promosi entah itu usaha yang kita jalankan atau sekedar ingin tenar 😂 menjadi sangat memungkinkan dan terbuka lebar. Bahkan seharusnya alasan ini menjadi yang pertama ya?

3. Ketiga?

Hmm, tidak ada. Alasannya memang hanya dua itu hahaha. Bismillah, mulai tahun ini saya akan serius untuk menjalankan usaha impian sejak lama yaitu freelance sebagai web developer.

Buat kalian yang ingin membuat aplikasi berbasiskan web, laman situs web pribadi maupun perusahaan, kamu bertemu dengan orang yang tepat! Silahkan menghubungi saya. Pekerjaan sebagai web developer sudah saya lakukan lebih dari 7 tahun, karena passion saya dengan teknologi dan juga desain. Mengerjakan berbagai proyek pengembangan aplikasi bagi saya bukanlah sekedar bagaimana menyelesaikan pembuatan aplikasi, melainkan lebih dari itu. Niat utama adalah karena saya ingin membantu orang lain. Kedua, bagi saya membuat aplikasi tidak hanya tentang merealisasikan apa yang diinginkan oleh pelanggan yang tertulis di atas kertas tapi membuat aplikasi yang ketika aplikasi tersebut dipakai oleh pelanggan juga orang lain, mereka akan merasa senang dan benar – benar terbantu merasakan manfaat dari aplikasi tersebut. Hal itu membuatku selalu mendedikasikan diriku untuk mengerjakannya dengan sebaik mungkin.

Oke sudah cukup promosinya hehe, lalu apa saja perubahan yang terjadi pada laman situs web saya ini? Secara umum dari sisi teknologi yang berubah hanyalah konsep penyajian laman situs webnya. Kali ini saya menggunakan teknik “Server Side Rendering”. Hmm, mudahnya itu adalah teknik dimana laman yang kamu lihat ini disajikan semuanya sekaligus oleh komputer server. Ini adalah konsep klasik nan original dari teknologi internet.

Sebelumnya saya menggunakan teknik modern, istilahnya “Client Side Rendering”. Hampir seluruh konten dari laman situs web akan disajikan secara dinamis ketika bagian / kerangka utama dari laman tersebut sudah dijalankan oleh peramban (browser) kamu. Bingung ya? Silahkan baca tulisan saya ini jika kamu tertarik mengenai perbedaan kedua teknik ini hehe.

Kedua, framework yang saya gunakan namanya Gridsome tapi tetap berbasis teknologi JavaScript dan fondasinya dari framework yang sama seperti sebelumnya, VueJS. Untuk infrastrukturnya tidak berubah sama sekali. Saya masih menggunakan kombinasi “favorit semua orang” (baca: gratisan) Netlify untuk servernya dan WordPress untuk manajemen kontennya.

JAMStack

Bagaimana tertarik untuk belajar atau ingin tahu lebih jauh? Silahkan, saya tidak menolak siapapun untuk sekedar bertanya, mengobrol, apalagi ingin dibantu 😄