18 September, 2019

Project 30 : before 365

Terinspirasi dari salah satu brand ambassador fotografer resmi dari Fujifilm, sayapun ingin mencoba hal yang sama. 365 menurutku sangat muluk. Ya saya tau, sudah banyak buku atau artikel yang ku baca mengatakan intinya kira – kira seperti ini “yang membuatmu terhalang dan merasa tidak bisa adalah dirimu sendiri”. Tidak mengapa, karena setiap hari saya akan menguatkan tekad! Setelah 30, akan ku tingkatkan menjadi 90, lalu kalau berhasil istiqomah langsung lanjut ke 365! Harapannya sih ingin mencapai dua hal dengan melakukan proyek ini.

  1. Mengasah skill fotografi,
  2. Memperkuat mental untuk menjadi seorang yang hobi fotografi

Untuk poin pertama -yah you don’t say sih lah ya- berisi banyak hal sebenarnya, yakni semua skill tentang fotografi mulai dari kemampuan menangkap momen yang tepat, pengaturan komposisi eksposur, hingga pada post-processing. Tapi bagi orang seperti saya ini yang bahkan mengeluarkan kamera dari tas di tempat umum sangat susah, poin kedua lebih penting (apa posisinya harus ku tukar?).

Dari segi genre fotografi buat saya sendiri, street photography adalah genre terakhir. Lansekap alam, arsitektur, dan astrofoto terpilih menjadi genre yang kusukai. Namun riset yang sudah lama kulakukan sebelum tercapainya keinginan untuk punya kamera pribadi (curhat?) tentang fotografi itu sendiri akhirnya membuatku tertarik dengan genre street photo. Oke dia bisa berada di urutan terakhir tapi pada kenyataannya, dialah yang paling applicable dalam kehidupan sehari – hari. That’s why I really love rural area 😭

Update 24 September 2019

Sejak senin kemarin, tanpa pikir panjang dan menunda lagi akhirnya kuputuskan untuk memulai saja proyek ini. Akan kubuat halaman khusus pada blog ini untuk memperbarui dan mengunggah setiap hari (mungkin beberapa) foto yang terpilih menjadi photo of the day.

Sekian. Dan berikut bonus dua foto yang terpilih sejak proyek ini ku mulai.

Senin, 23 September 2019

Workers after “fighting”
X-T2 | ACROS | f/2.5 1/250s ISO 1600 @ 23mm

Selasa, 24 September 2019

Standing at night
X-T2 | Classic Chrome | f/2.5 1/60s ISO 3200 @ 23mm

Catatan:

  • Semua gambar yang akan ku unggah nantinya straight out of camera (SOOC)
  • Klik pada gambar untuk melihat pada resolusi penuh