12 November, 2019

Re:visit after 12 years, Taman Safari Indonesia – Bogor. A holiday? And Panda!

Ketertarikan dengan dunia fauna sudah dimulai sejak kecil. Berawal dari buku – buku ensiklopedi yang diberikan oleh orang tua, bukannya dibaca malah buku tersebut hancur dan dipenuhi oleh “seni lukis” dari seorang anak kecil yang masih belum tau apa – apa. Takdirku ternyata menahan rasa penasaran dan rindu bertemu dengan para makhluk luar biasa itu, tidak ada kebun binatang di kota tempatku tinggal membuatku hanya bisa bermain dengan para hewan dari buku.

Menginjak angka 16 tahun saya hidup di bumi ini, akhirnya takdir membawaku merasakan dunia fantasi ini untuk pertama kalinya. Seluruh keluargaku berlibur ke kampung halaman ibuku, menyeberangi pulau tempat dimana saya tinggal saat ini. Lalu suatu waktu kami diajak oleh kakekku berkunjung ke salah satu tempat wisata dan juga konservasi hewan (yang mungkin?) terbaik di Indonesia, Taman Safari.

Berada di daerah yang bernama Cisarua, kabupaten Bogor. Lokasinya tidak umum, di tengah – tengah barisan gunung. Waktu itu, suasananya sangat tenang, udaranya dingin menusuk, desiran angin gunung dan kicauan para burung masih menyapa. Tidak seperti bayangan di kepalaku tentang “kebun binatang” pada umumnya, Taman Safari ini benar – benar luar biasa. Konsepnya seperti membawa kita, para manusia, bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan makhluk hidup lain penghuni bumi ini. Mengendarai mobil pribadi setelah melewati pintu masuk, jalur pendakian gunung sudah menunggu dan saat melewatinya kita akan langsung bisa menyapa mereka, para hewan. Tidak hanya kegiatan menyimak atau swafoto terhadap hewan – hewan itu, namun kita bisa memberikan mereka makanan secara langsung dan tentu saja pengalaman itu membuat kita, para pengunjung, sangat dekat dengan mereka!

Di puncak perjalanan, kita dimanjakan oleh tempat istirahat yang memadai dan kesenangan belum berakhir. Kita masih bisa bertemu dan melihat para hewan, yakni adanya “kebun binatang” pada umumnya. Ada juga fitur Baby Zoo dimana kita bisa berfoto bersama para bayi hewan yang masih menggemaskan dan belum berbahaya 😆, ada juga Aviary, dan beberapa pertunjukan yang berbeda – beda dari waktu ke waktu.

Fast forward, 09 November 2019

Kenangan di tahun 2007 itu tidak akan pernah terlupakan, namun sayang dokumentasi sangatlah kurang karena tidak mampunya saya memiliki kamera atau sejenisnya waktu itu. Sejak pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta tahun 2015, niatan untuk kembali ke Taman Safari sudah muncul tapi tidak pernah terlaksana. Empat tahun kemudian, akhirnya teman – teman kantor mewacanakan untuk bermain kesana.

Sebagian besar nuansa dan hewan – hewannya masih sama, namun sejak dua tahun yang lalu ada yang sangat menarik. Berasal dari famili beruang, spesies langka yang hanya bisa ditemukan dari negeri China, Panda. Jujur saja karena hewan inilah wacana untuk bermain ke tempat ini terangkat, dan alhamdulilah bukanlah sebuah wacana.

Bisa bertemu dengan para makhluk yang luar biasa ini membuatku teringat kembali bahwa diri ini sebagai manusia sangatlah patut bersyukur dan tidak pantas untuk sombong menjajakkan kaki di bumi ini. Kita bukanlah pemilik tanah yang ada di bumi ini sejengkalpun, semuanya hanyalah titipan dari Yang Maha Kuasa. And then here the main show (and main content) of this post, the photos! Enjoy it folks!

Llama. Captured with magic lens of “swirly” bokeh!
Can you spot it?
Another swirly bokeh!
American Byson
Am I a Gazelle?
Don’t dare to wake me up
Twin majestic (but why you guys sleep?)
I’m endangered now, please care about me hooman
Hi folks. Do you miss me? Where’s Masha?
My friend said, “Wakanda forevaaah!”
Hi folks, nice to meet you
But please, I’m not mood right now.
Here we go, Cuterious Red Panda!!!
I’m sorry for wrong focus, LOL
I’m out! Be happy hoomans!
I’m from the gold era
Good bye~