31 Desember, 2019

Seberapa penting sebuah perencanaan dalam dunia pengembangan aplikasi?

“Oh tidak, beberapa jam lagi tahun 2019 akan berakhir. Membuat aplikasi peternakan kodok pasti akan berhasil di tahun 2020!”.

Sampai saat ini berbagai ide yang menurutku brilian sangat mudah bermunculan menghiasi pikiran, menumbuhkan imajinasi realisasi ide tersebut beserta hasilnya. Namun ketika tiba saatnya saya berusaha agar ide tersebut menjadi nyata, tidak seindah skenario. Salah satu penyebabnya adalah perencanaan yang kurang baik.

Jika kamu adalah seorang developer yang merasa sangat tertantang dengan pemecahan masalah, algoritma, logika, dan tidak terlalu suka menyiksa otak pada teori – teori yang berhubungan dengan konsep maupun hubungan antara manusia dan aplikasi, atau kamu adalah developer yang terbiasa bekerja dalam tim yang tidak terlalu peduli dengan tugas yang bukan ngoding (karena tugas perencanaan dikerjakan oleh orang lain); maka tulisan ini sepertinya akan membosankan. Tetaplah disini bagi kamu yang merasa tidak tersinggung dengan pernyataanku itu.

Perencanaan dalam pembuatan aplikasi -apapun platformnya- tidak lebih layaknya perencanaan pada bidang ilmu lain. Berbagai perhitungan seperti efisiensi user dalam menggunakan aplikasi, kepuasan, dan kemudahan mereka menggunakannya sangatlah krusial. Tidak peduli seberapa simpelnya aplikasi yang akan kamu buat. Nantinya hal tersebut juga akan memudahkan kamu dalam proses pengembangan aplikasi itu sendiri. Percayalah.

Kreativitas tidak ada akhirnya

Pasti kalian setuju kalau masalah itu bisa atau bahkan sering muncul dari kreativitas. Ide cemerlang nan unik sangatlah langka dan juga sangat berbahaya jika tidak dikendalikan dengan baik. Jika kamu tidak melakukan perencanaan terlebih dahulu sebelum membuat aplikasi dan hanya berpatokan dengan ide – ide yang muncul saat itu juga, saya rasa aplikasi kamu tidak akan rilis.

Ide yang terus bermunculan itu akan selalu memacu dan menggoda kamu untuk ditambahkan ke dalam aplikasi hingga akhirnya kamu tidak menemukan titik akhir kapan aplikasi tersebut akan selesai, padahal dipakai oleh user secara langsung saja belum pernah, iya ngga?

Salah satu hal yang perlu diwaspadai dalam dunia pengembangan aplikasi adalah sebuah perspektif. Developer dan user memiliki perspektif yang tidak selalu sama.

Kendalikan dirimu!

Selain mengasah kedisiplinan dalam diri, membuat dan berpatokan pada perencanaan akan membuat kita belajar untuk terus mengendalikan ego. Aplikasi yang baik adalah yang bermanfaat dan disukai oleh para penggunanya! Tentu kalau aplikasimu mau disukai oleh banyak orang, yaa tidak mengabaikan kritik dan saran pengguna kan? Dan… woala! Seorang developer hebat adalah jago logika, skill ngoding, dan rendah hati menerima kritikan juga saran dari orang lain (terutama user) 😄

Lalu…

Semoga saya diberi kesehatan dan kesempatan untuk menuliskan salah satu cara perencanaan dalam membuat dan mengembangkan aplikasi. See ya on the next posts folks!